Manajemen Ternak

Berikut ini hal-hal yang yang terkait bagaimana produk susu kambing yang berkualitas diolah:

  1. —Peternakan kambing harus dimanejemen dengan baik, misal ada produsen susu kambing segar yang mengandalkan pasokan peternak yang hanya mempunyai ternak perah dalam jumlah sedikit, sehingga untuk mengumpulkan dalam jumlah yang layak dikirim bagian produksi harus menunggu terkumpul banyak dan relatif terlalu lama. Hal ini akan mempengaruhi kualitas susu kambing karena sudah dalam penyimpanan yang lama (stok lama).
  2. —Pendistribusian dalam jaringan pasar harus luas sehingga produk susu segar tidak ngendon lama di dalam freezer penyimpanan. Hal ini pula yang menyebabkan produk yang diterima konsumen mengalami penurunan kualitas.
  3. —Mempunyai produksi pengolahan seperti susu bubuk, olahan fermentasi dan yang lainnya sehingga sangat membantu proses aliran produksi susu kambing yang dihasilkan ternak menjadi selalu fresh alias selalu dalam kualitas terbaiknya.
  4. —Perawatan ternak tidak sekedarnya atau asal menghasilkan susu tanpa memperhatikan kualitas susu yang nanti akan dihasilkan ternak perah. Beberapa peternak tidak memperdulikan proses perawatan ini karena biaya yang dikeluarkan relatif cukup mahal untuk kualitas produk yang baik seperti konstruksi kandang, tempat pemerahan yang terpisah, ransum pakan yang tepat, umur ternak atau laktasi yang ideal dan lain-lain.
  5. —Nah begitu pula teknik pengolahan dari susu kambing segar menjadi produk susu bubuk yang mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Untuk itu dibutuhkan keahlian dan pengalaman didalam pengolahannya agar nutrisi yang terkandung dalam susu bubuk yang dihasilkan nantinya tidak banyak yang hilang. Susu kambing sangat rentan sekali dengan perubahan suhu. Untuk itu dibutuhkan penanganan khusus dalam pengolahannya.

Tinggalkan Balasan